Unsur Unsur Seni Rupa (Fisik)

Unsur Fisik Seni Rupa

Seorang perupa (seniman, desainer, kriyawan, perajin, dsb.) mengolah unsur-unsur seni rupa fisik dan non fisik  sesuai dengan keterampilan dan kepekaan yang dimilikinya dalam mewujudkan sebuah karya seni rupa. Dalam sebuah seni rupa, unsur fisik dapat secara langsung di lihat dan atau diraba sedangkan unsur non fisik adalah prinsip atau kaidah-kaidah umum yang digunakan untuk menempatkan unsur-unsur fisik dalam sebuah karya seni.
Unsur-unsur fisik dalam karya seni rupa pada dasarnya meliputi semua unsur visual yang terdapat dalam sebuah benda. Dengan demikian pengamatan terhadap usur-unsur visual pada karya seni rupa ini tidak berada dengan pengamatan terhadap benda-benda yang ada di sekeliling kalian.
Cermati kembali paparan singkat tentang unsur-unsur rupa berikut ini:

Titik

Yang merupakan unsur dasar karya seni rupa yang terkecil. Segala bentuk wujud yang dihasilkan dimulai dari titik. Sehingga titik menjadi pusat perhatian. Titik yang membesar disebut dengan bintik.
Hasil gambar untuk titik
sebuah titik
Baca Juga:Unsur Seni Rupa(Non Fisik)

Garis (line)

Gaaris adalah unsur fisikk yang mendasar dan penting dalam mewujudkan sebuah karya seni rupa. Garis memiliki dimensi memanjang dan mempunyai arah serta sifat-sifat khusus seperti: pendek, panjang, vertikal, horizontal, lurus, melengkung, berombak, dan seterusnya.

Garis juga dapat anda gunakan untuk mengomunikasikan gagasan dan mengekspresikan diri. Garis tebal tegal lurus misalnya dapat memebrikan kesan kuat dan tegas, sedangkan garis tipis melengkung, memberikan kesan lemah dan ringkih. Karakter garis yang di hasilkan oleh alat yang berada akan menghasilkan karakter garis yang dihasilkan oleh alat yang berbeda akan menghasilkan karakter yang berbeda pula. Coba bandingkan karakter garis yang dihasilkan oleh jejak spidol pada kertas dan jejak arang pada kertas. Bandingkan pula jejak gari yang dibuat dengan ballpoint dan pensil. Buatlah berbagai bentuk garis, kemudian cobalah untuk merasakan kesan dari garis-garis yang kalian buat tersebut.
garis

Bidang dan Bentuk

unsur rupa lainnya adalah “raut” yang merupakan tampak, potongan atau wujud dari suatu objek. Istilah “bidang” umumnya digunakan untuk menunjukan wujud benda yang cenderung pipih atau datar, sedangkan “bangun” atau “bentuk” lebih menunjukan kepada wujud benda yang memiliki volume (mass). Perhatikan gambar di samping dan di bawah ini. tuunjukanlah mana unsur “bidang” dan mana unsur “bentuk” atau “bangun” bagaimana kalian membedakan wujud “bangun” dan “bangun” atau “bentuk” dalam sebuah karya seni rupa dimensi.
Hasil gambar untuk bidang
bidang dan bentuk

Ruang

Unsur ruang dalam sebuah karya seni rupa 2 dimensi dari obyek yang terdapat pada karya seni rupa tersebut. Pada karya 2 dimensi kesan ruang dapat dihadirkan dalam karya dengan pengolahan unsur-unsur kerupaan lainnya seperti berbedaan internsitas warna, terang-gelap, atau menggunakan teknik menggambar perspektif untuk menciptakan ruang semu (khayal).
Bangun ruang

Tekstur

terkstur atau barik adlah unsur rupa yang menunjukan kualitas taktis dari suatu permukaan atau penggambarkan tekstur permukaan suatu objek pada karya seni rupa. Berdasarkan wujudnya, tekstur dapat dibedakan atas tekstur asli dan tekstur buatan. Tekstur asli adalah perbedaan ketinggian permukaan objek yang nyata dan dapat diraba, sedangkan tekstur buatan adalah kesan permukaan objek yang timbul pada suatu bidang karena pengolahan unsur garis, warna, ruang, dan terang-gelap.
Tekstur

Warna

Warna adalah unsur rupa yang paling menarik perhatian. Menurut teori warna Brewster, semua warna yang ada berasal dari tiga warna pokok (primer) yaitu merah, kuning dan biru. Dalam berkarya seni rupa terdapat beberapa teknik penggunaan warna, yaitu secara harmonis,heraldis,murni, monokromatik dan polikkromatik. Cara penggunaan warna yang bagaimana yang paling kalian sukai? Jelaskan alasan kalian!
warna

Gelap-Terang

Unsur gelap terang pada karya seni rupa timbul karena adanya perbedaan intensitas cahaya yang jauh pada permukaan benda. perbedaan ini menyebabkan munculnya tingkat nada warna(value) yang berbeda. Bagian yang karena cahaya akan lebih terang dan bagian yang kurang atau terkena cahaya akan tampak lebih gelap.
gelap terang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unsur Unsur Seni Rupa (Non Fisik)

Perbedaan Mesin OHV SOHC Dan DOHC