Cara Kerja Motor 4 Tak(4Stroke)
Kita sering mendengar motor 4 tak(4 stroke) dan motor 2 tak(2 stroke) sebenarnya apa sih itu? Nah di saya kali ini akan membahas tentang motor 4 tak.Sebelum membahas mengenai
cara kerja atau prinsip kerja dari motor 4 tak, harus anda ketahui terlebih
dahulu definisi dari motor 4 tak. Motor 4 langkah adalah motor yang dalam satu
siklus kerjanya (hisap, kompresi, kerja dan buang) membutuhkan 4 langkah piston
(2 kali turun, 2 kali naik), 2 putaran poros engkol menghasilkan 1 kali langkah
usaha. Jadi motor 4 tak untuk menghasilkan 1 langkah usaha membutuhkan 4
gerakan piston yang terdiri dari 2 kali gerakan turun dan 2 kali gerakan naik.
Untuk lebih memahami tentang pengertian dari motor 4 tak ini, akan saya share
secara khusus di lain kesempatan. Dan berikut adalah penjelasan tentang cara
kerja motor 4 tak.
Untuk memahami cara kerja dari motor 4 tak, anda perlu mengetahui beberapa komponennya seperti poros engkol, connecting rod, piston, busi, katup hisap, katup buang, intake manifold, exhaust manifold dan lain sebagainya. Silahkan cari di internet tentang komponen-komponen tersebut. Mungkin saya akan membahas ini juga di blog ini, cari saja di blog bisa otomotif, siapa tahu saya sudah share.
Sebelumnya pahami
terlebih dahulu tentang komponen utama dan fungsinya. Untuk memulainya kita
bahas tentang TMA dan TMB. TMA (Titik mati atas) disebut juga dengan TDC (TOP
Dead Center) merupakan batas teratas (paling atas) yang dapat piston capai
didalam silinder. TMB (Titik mati bawah) disebut juga dengan BDC (Bottom Dead
Center) merupakan titik terbawah yang dapat dicapai piston didalam silinder.
Yang menjadi acuan adalah piston bagian atas. R merupakan panjang langkah
piston disebut juga dengan STROKE.
Untuk memahami cara kerja dari motor 4 tak, anda perlu mengetahui beberapa komponennya seperti poros engkol, connecting rod, piston, busi, katup hisap, katup buang, intake manifold, exhaust manifold dan lain sebagainya. Silahkan cari di internet tentang komponen-komponen tersebut. Mungkin saya akan membahas ini juga di blog ini, cari saja di blog bisa otomotif, siapa tahu saya sudah share.
Cara / Prinsip Kerja
Motor/Mesin 4 Langkah (4 Tak)
Ada 4 langkah/gerakan
piston dalam satu siklus motor 4 tak, yaitu langkah hisap (intake), langkah
kompresi, langkah usaha, dan langkah buang. Yang akan saya jelaskan adalah
motor 4 tak yang menggunakan bahan bakar bensin, bukan diesel. Karena keduanya
sedikit berbeda, apa perbedaanya? Lain kali akan saya bahas. Berikut kami
jelaskan satu persatu langkah-langkah dalam mesin 4 tak.
Penting !
Untuk mempermudah dalam
menjelaskan cara kerja motor 4 tak ini, kami menggunakan penjelasan yang
sederhana dan tidak detail seperti yang terjadi kenyataannya. Misal saja pada
sesi kali ini belum kami jelaskan masalah overlaping (kondisi ketika kedua
katup membuka), kami hanya menjelaskan kondisi katup pada setiap langkah, ada
juga adalah pergerakan piston. Selain itu juga belum kami jelaskan mengenai
kenapa katup bisa membuka, dan kenapa busi bisa memercikkan bunga api. Intinya
artikel ini hanyalah penjelasan sederhana (hanya sebatas prinsip kerja).
Perhatikan gambar dibawah
ini :
Cara Kerja Motor 4
Langkah (4 TAK)
|
1. Langkah hisap - cara kerja
motor 4 tak
Langkah yang pertama
dalam cara kerja motor 4 tak adalah langkah hisap. Langkah ini bertujuan untuk
memasukkan campuran udara dan bahan bakar kedalam silinder. Langkah hisap ini
juga disebut dengan intake stroke. Pada saat mesin mengalami langkah ini maka
yang terjadi adalah :
·
Katup hisap terbuka dan katup buang tertutup
·
Piston bergerak turun dari TMA (Titik mati atas) ke TMB (Titik
mati bawah)
·
Campuran udara dan bahan bakar akan masuk kedalam ruang bakar
dalam silinder
Pada langkah hisap ini
katup hisap dalam kondisi membuka, dan torak bergerak turun sehingga campuran
udara dan bahan bakar akan terhisap yang kemudian masuk kedalam ruang bakar
(silinder mesin). Kenapa udara dan bahan bakar bisa masuk kedalam ruang bakar?
Alasannya adalah ketika kondisi katup terbuka dan piston atau torak ini
bergerak turun maka ruangan yang berada di atas piston menjadi vakum
(tekanannya rendah/dibawah 1 atm) sehingga campuran udara dan bahan bakar yang
memiliki tekanan lebih tinggi (kurang lebih 1 atmosfir) akan masuk kedalam
silinder. Ada juga yang mengatakan terhisap masuk ke dalam silinder. Ini juga
sesuai dengan hukum alam bahwa udara akan berhembus dari tekanan rendah ke
tekanan tinggi. Logikanya hampir sama dengan pada saat anda minum air dengan
sedotan.
2. Langkah kompresi
(compression) - cara kerja motor 4 tak
Langkah selanjutnya
setelah langkah hisap adalah langkah kompresi. Langkah ini bertujuan agar
tekanan dari campuran dan bahan bakar meningkat, sehingga akan lebih mudah
terbakar dan tenaga yang dihasilkan dapat lebih besar / maksimal. Pada langkah
kompresi yang terjadi adalah :
·
Kedua katup (katup hisap dan buang) dalam keadaan menutup
·
Piston bergerak naik dari TMB ke TMA
·
Campuran udara dan bahan bakar ditekan (dimampatkan) sehingga
tekanannya naik
Poros engkol sudah
berputar satu kali (360 derajat) untuk melakukan 2 langkah (langkah hisap dan
langkah kompresi).
3. Langkah usaha - cara kerja
motor 4 tak
Setelah langkah kompresi
maka akan lanjut kedalam langkah usaha. Langkah ini merupakan langkah yang akan
menghasilkan tenaga untuk menggerakkan kendaraan. Pada langkah ini yang terjadi
adalah :
·
Kedua katup dalam keadaan menutup
·
Busi (spark plug) memercikkan bunga api
·
Terjadi ledakan yang membuat piston bergerak turun dari TMA ke
TMB
Di dalam kendaraan
tertuama pada sistem pengisian dikenal komponen yang namanya busi. Busi atau
spark plug ini berfungsi untuk memercikkan bunga api guna membakar campuran
udara dan bahan bakar yang telah dikompresi. Busi akan memercikkan bunga api
sesaat beberapa derajat sebelum piston mencapai TMA (sebelum akhir langkah
kompresi). Setelah busi meloncatkan bunga api, maka campuran udara dan bahan
bakar akan meledak dan menghasilkan usaha yang besar, piston pun bergerak
turun. Dari langkah usaha ini tenaga yang dihasilkan akan dirubah sedemikian
rupa untuk menggerakkan kendaraan. Tenaga yang dihasilkan juga membuat piston
dapat bergerak naik turun untuk menyelesaikan satu siklusnya (artinya dalam langkah
hisap, langkah kompresi, langkah buang piston bergerak karena adanya tenaga
yang dihasilkan pada saat langkah usaha).
4. Langkah buang - cara kerja
motor 4 langkah
Setelah melakukan langkah
usaha maka selanjutnya adalah langkah buang. Langkah ini bertujuan untuk
membuang sisa-sisa gas hasil pembakaran. Dalam langkah ini yang terjadi adalah
:
·
Katup hisap menutup dan katup buang membuka
·
Piston bergerak naik dari TMB ke TMA
·
Gas buang sisa hasil pembakaran akan keluar dan dibuang melalui
knalpot.
Dalam langkah ini gas
sisa hasil pembakaran akan disalurkan melalui exhaust manifold dan akhirnya
akan keluar ke udara bebas melalui knalpot.
Pada langkah usaha dan
buang, poros engkol berputar 1 putaran. Jadi kalau ditotal dalam satu siklus
poros engkol akan berputar 2 kali untuk motor 4 tak. Setelah melakukan langkah
buang ini, akan kembali lagi ke langkah hisap, dan begitu seterusnya.
Untuk memahami lebih
lanjut, silahkan perbanyak membaca artikel-artikel tentang cara kerja. Tetapi
sebelumnya pahami terlebih dahulu nama dan fungsi dari setiap komponen mesin.
Baru bisa paham tentang cara kerja.
Komentar
Posting Komentar